Posted by: ebichuu | January 4, 2009

D’espairsRay (ディスパーズレイ)

D’espairsRay (awalnya ditulis dengan : DéspairsRay atau +DéspairsRay+) , band Visual-Kei yang terbentuk pada bulan September 1999 dengan formasi HIZUMI (Vocal), Karyu (Guitar), ZERO (Bass) dan Tsukasa (Drums). D’espairsRay merilis demotape pertama mereka “[Ao]” dipenghujung tahun 1999. Dan tahun 2000 D’espairsRay langsung tampil secara live di Takadanobaba AREA, dan mereka juga merilis beberapa demotape, sampai pada akhirnya bulan Oktober 2000 D’espairsRay merilis Maxi-Single pertama mereka “Kumo” yang hanya dirilis sebanyak 1000 copy dan langsung sold out in no-time!!

Bulan April 2001 D’espairsRay merilis Maxi-Single kedua mereka “Genwaku” yang premiernya bisa diorder secara online, dan maxi-single ini dirilis pada saat yang bersamaan dengan 2nd press maxi-single “Kumo”, yang lagi2 maxi-single ini juga sold out. Sungguh awal yang mengesankan bagi D’espairsRay.  Kesuksesan maxi-single ini dilanjutkan dengan first release EP “Terrors” pada bulan Juli 2001, dan D’espairsRay kembali tampil live, kali ini secara one-man.

D’espairsRay yang menuai sukses dari maxi-single2 sebelumnya memberi kesempatan pada fans untuk “mengobservasi” musik mereka lebih dalam, karena itu mereka merilis final demotape yang berjudul “Ura Mania Theatre” yang hanya dijual di beberapa toko CD. Dilanjutkan dengan 2nd release EP mereka “Sexual Beast” pada bulan Juni 2002 (bersamaan dengan 2nd press EP pertama mereka), yang hanya dirilis sebanyak 2000 copy. Lagi2, EP ini juga sold out, karena antusiasme fans pada D’espairsRay, akhirnya mereka merilis 2nd press EP keduanya pada bulan Juli. Akhir tahun 2002 D’espairsRay merilis single “Ori no naka de miru yume” dalam 2 edisi : Regular dan Special edition yang ditambah track bonus band “Animalmania”, yang hanya dapat diorder secara online lewat JMusic Store .

Dilanjutkan pada bulan Januari 2003, mereka membagi2kan CD berjudul “Itanji” yang berisi unamed song sebagai surprise para fans yang hadir pada free konser live D’espairsRay di Meguro Live Station di Tokyo. Lagu “unamed” ini yang selanjutnya diberi judul “MaVERiCK” dan sekaligus jadi maxi-single mereka selanjutnya yang dirilis pada bulan February 2003, yang terjual selaris kacang goreng sehingga CD inipun dirilis ulang pada bulan Maret. Dan untuk menutup tahun 2003, D’espairsRay merilis single “Garnet”, kedua single inilah sampai sekarang yang masih tercatat sebagai karya terbaik D’espairsRay. Di akhir tahun itu juga, D’espairsRay tampil live bersama beberapa band J-Rock lain seperti MUCC dan Merry dalam event “Beauti-Fool’s Fest 03”.

Bulan 2004 diawali D’espairsRay dengan merilis EP ketiga mereka “Born” yang termasuk DVD berisi  PV “Garnet”. Pada bulan Juli, 2nd press dari album ini juga dirilis kembali namun tanpa DVD. 2 bulan kemudian, mereka kembali menghibur para fans dengan merilis maxi-single “Gemini”, yang limited editionnya dijual dengan bonus DVD berisi PV “Born”. Tahun 2004 ini juga D’espairsRay memulai tour mereka diluar Jepang untuk pertama kalinya, di Paris dan Berlin yang diberi nama “Wollust ward dem Wurm gegeben”, tour ini juga kemudian diliput via DVD pada akhir 2004.

D’espairsRay membuka tahun 2005 dengan merilis first live DVD  “Murder day live” yang merupakan bonus untuk single mereka “Reddish-Diva version”.  Setelahnya, mereka merilis full-album pertama “Coll:Set” pada 29 Juni 2005, yang termasuk single mereka sebelumnya seperti “Fuyuu Shita Risou” dan “Garnet”. Dan di tahun 2006, D’espairsRay kembali mengunjungi Eropa bersama band Kagerou, plus merilis album “Coll:Set” secara resmi di Eropa pada bulan Januari 2006, setelahnya D’espairsRay juga mengunjungi fans mereka di USA. Mereka juga merilis DVD documentary “The World Outside the Cage (atas referensi single “The World in a Cage”)” pada bulan Maret 2006 dan single “Kogoeru Yoru ni saita hana” pada 5 April 2006 dalam type A dan B. Selama tahun 2006 D’espairsRay tercatat mengunjungi USA 2 kali yang terakhir juga bersamaan dengan merilis DVD live concert keduanya “Liquidize” yang digelar selama musim panas 25 Juli – 8 September  (yang akhirnya DVD ini juga dirilis resmi di Eropa pada Januari 2007).

Tahun 2007 diawali D’espairsRay dengan single “Squall” pada bulan Maret, dan full album kedua mereka “Mirror” yang kemudian juga dirilis secara resmi di Eropa pada bulan Juni, disusul rilisan DVD live mereka Spiral Staircase #15dengan liputan tour terakhir mereka. D’espairsRay juga tampil live pada hari kedua di Los Angeles dalam event tour “J-Rock Revolution Festival” bersama Miyavi, Girugamesh, Kagrra, Alice Nine, Duel Jewel, Vidoll, Merry, dan Mucc.

Awal tahun 2008, tepatnya pada 20 Januari, D’espairsRay kembali tampil bersama Moi dix Mois, Plastic Tree dan Sadie dalam event 7th anniversary Zy MagazineStylish wave COUNTDOWN ’07-’08” di Zepp Tokyo.  Disusul selama bulan February sampai Mei 2008, D’espairsRay disibukkan dalam live tour “Rockstar Taste of Chaos 2008” bersama band Mucc dan The Underneath di USA, mereka juga menggelar autograph session di booth TOKYOPOP, dimana fans USA bisa mendapatkan tanda tangan, plus mereka juga membagi2kan T-Shirt lewat undian pada 3 fans yang paling beruntung.  Selanjutnya, D’espairsRay juga berpartisipasi dalam live “Hide Memorial Summit” untuk mengenang Hide (ex-guitaris X-Japan) pada 4 Mei 2008 di Ajinomoto Stadium bersama band Mucc, Luna Sea, Dir en Gret, dan band2 senior lainnya. Album mereka “Mirror” juga dirilis secara resmi di USA plus mereka juga melempar single “Brilliant” pada 14 Mei 2008. Setelah merilis single “Kamikaze” di bulan Agustus, D’espairsRay kembali menggelar “88-99 anniversary tour” di Jepang.  Single teranyar D’espairsRay, “Horizon”, yang baru saja dirilis pada 3 Desember 2008 lalu juga merupakan prestasi brilliant, walau pada awal2 karir D’espairsRay merupakan band indie Visual-kei yang memainkan musik gothic dark rock dengan sentuhan metal, namun mereka perlahan membawa perubahan yang signifikan di single2 mereka yang baru2 ini, termasuk single “Horizon”, yang menurut beberapa orang vocal Hizumi di single ini mirip dengan Hyde Laruku. Terlepas dari pendapat orang2 mengenai musik D’espairsRay, aku rasa D’espairsRay lebih menemukan jati dirinya akhir2 ini, dan mengalami banyak kemajuan, dengan kata lain, band ini semakin keren saja, tidak terlepas kemungkinan D’espairsRay bakal menjadi salah satu band rock senior di Jepang di masa mendatang, dan beberapa PV merekapun sudah aku bisa lihat di acara “Clip Trip” di Music Channel TV Canada.

Kabar terakhir dari D’espairsRay mereka bakal merilis full-album pada 4 Maret 2009 via Delicious Deli Records, sub-label dari  Universal Music Japan, yang judul spesifiknya belum diumumkan secara resmi. Apapun langkah D’espairsRay dimasa mendatang, aku yakin fans tetap antusias dan setia menanti gebrakan mereka selanjutnya.

Berikut sekilas profile personnel D’espairsRay :

HIZUMI (VOCAL)

  • Height: 169cm
  • Weight: 50kg
  • Bloodtype: B
  • Hobby: Computer, Learning more about about different places around the world
  • Skill: Design
  • Favourite Colour: Black, Red, Green
  • Favourite Parfume: Samurai Woman
  • Favourite Food: Nitroglycerin
  • Disliked Food: Benzene
  • Favourite Type Of Woman: A girl with long black straight hair and  who looks good in a kimono

KARYU (GUITAR)

  • Height: 185cm
  • Weight: 56kg
  • Bloodtype: 0
  • Favourite Colour: Black
  • Favourite Food: Little Girls (hahaha, WTF?!?!?!)
  • Disliked Food: Medicine
  • Favourite Type Of Woman:a girl who likes him , good insights, somewhat mysterious.

ZERO (BASS)

Height: 170cm
Bloodtype: O
Skill: delusions
Favourite Colour: Purple, Black
Favourite Parfume: Naomi Campbell
Disliked Food: Anything seafood
Favourite Type Of Woman: someone who’ll let him rape them🙂

TSUKASA (DRUMS)

Height: 171cm
Weight: 49kg
Bloodtype: O
Hobby: drawing
Skill: hidden talent
Favourite Colour: Black, Beddish-brown
Favourite Parfume: ANNASUI
Favourite Food: Curry, Donuts
Disliked Food:  Prawn
Favourite Type Of Woman: natural type, a girl who is a tad perverted. Waduh! Koq kayaknya ga normal semua “tipe” ceweknya😀

OHP : HERE!


Responses

  1. ahh Hizumi is mine XD~

  2. eee….tapi menurutku bagusan 12012 [ichi ni zero ichi ni]……

  3. KYA!!!! tsukasa!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: