Posted by: ebichuu | January 9, 2009

Mana (マナ)

Sosok Mana tak terbatas hanya dikenal di kalangan fans Malice Mizer dan Moi dix Mois saja, namun pencinta gothic lolita fashion, plus fans Kanon Wakeshima pastinya sangat familiar dengan artis misterius namun serba bisa ini.

Mana yang lahir pada 19 Maret di Hiroshima, sudah mengenal musik klasik sejak kecil dari orang tuanya, yang keduanya memang guru musik. Mana juga mengaku pertama menciptakan musik saat masih SMU, yang pada saat itu banyak terinspirasi dari Mötley Crüe, selain itu Mana juga fans musik2 karya Bach. Musik Mana didominasi style classic ala baroque (era 1600-1700), dengan warna instrument pipe organ dan harpsichord yang terkombinasi harmonis dengan sentuhan heavy metal, gothic rock, industrial musik plus element French pop. Setelah lulus dari Akademi musik, Mana hijrah ke Tokyo dan memulai karir musiknya.

Band pertama Mana dikenal dengan nama Girl’e, dengan style musik punk kid dan hardcore yang aktif di era 1989-1990, disusul Matenrou (摩天楼) , dan di tahun 1991, Közi (ex-guitarist band The Reinsight) bergabung dengan band Matenrou. Namun band ini bubar pada April 1992. Melanjuti bubarnya Matenrou, pada bulan Agustus tahun itu juga, mereka berdua membentuk band Malice Mizer (yang aktif sampai December 2001), dimana posisi Mana sebagai lead guitarist, chief songwriter, koreografer, dan artistic director. Malice Mizer sendiri terdiri dari era 3 vocalist, Tetsu (era 1992-1994), Gackt (era 1995-1999) yang membawa Malice Mizer ke puncak ketenarannya, namun tiba2 Gackt mengundurkan diri pada Januari 1999 tanpa sebab yang jelas (walau menurut rumor, Gackt “dikeluarkan” oleh Mana karena perbedaan prinsip bermusik yang sudah tidak terkompromikan lagi), lalu Klaha menggantikan Gackt (era 2000-2001) yang kemudian juga mengundurkan diri. Mana juga mendirikan label musik indie “Midi:Nette” yang memproduksi sebagian besar single dan album Malice Mizer.

Setelah hiatusnya Malice Mizer, Mana membentuk band projectnya pribadi, Moi dix Mois, dan sekali lagi Mana “mendominasi” band ini sebagai produser, penulis lirik, direktur bahkan designer costum member Moi dix Mois saat tampil live. Moi dix Mois juga berdiri dibawah naungan label “Midi:Nette” milik Mana, dengan warna musik yang serupa dengan Malice Mizer. Moi dix Mois juga mengkombinasikan element kecantikan dan kegelapan, elegant namun agresif, kreatifitas dan kehancuran, masih dengan image gothic masing2 membernya dan warna musik gothic classic “ala” Mana. Band ini awalnya terbentuk dengan formasi Juka (Vocalist), Mana (Guitarist), Kazuno (bass) dan Tohru (Drums) namun Juka, Tohru dan Kazuno mengundurkan diri di tahun 2005 dan sampai saat ini posisi Juka digantikan Seth sebagai Vocalist, Sugiya (Bass), dan Hayato (Drums). Mana juga mendirikan fans-club kalangan International plus men-setting distribusi karya2 musik dan fashionnya dikalangan International tahun 2004. Moi dix Mois pertama kali memulai debut konser Internationalnya di tahun 2005 di Munich dan Paris. Mana juga tercatat pernah diinterview dengan berbagai media International, seperti German Gothic Magazine “Orkus”. Moi dix Mois tercatat masih aktif yang merilis album terakhirnya “Dixanadu” pada 28 Maret 2007 dan menjalani tour sekitar Eropa yang kedua pada bulan October 2007 yang DVD concertnya dirilis pada bulan January 2008.

MM2

Tahun 1999, Mana juga mendirikan label fashion “Moi-même-Moitié” yang dalam bahasa Perancis bermakna “moi-même” (myself) dan “moitié” (half), walau begitu expresi “Moi-même-Moitié” sebenarnya tidak eksis dalam bahasa Perancis. Moi-même-Moitié terdiri dari 2 design yaitu “Elegant Gothic Lolita” dan “Elegant Gothic Aristrocrat” dan Mana sendiri yang tampil sebagai model produk2nya. Bagi fans berat Mana plus merchandise lolita gothic seperti fashion, perhiasan, handbag, produk2 “Moi-même-Moitié” dengan desain yang menurutku sangat “menggiurkan” bisa dibeli secara International di : Moi-même-Moitié (International) dan di Jepang Moi-même-Moitié (Japan). Beberapa toko produk Moi-même-Moitié juga bisa ditemui di Tokyo dan Hiroshima.

Tercatat tahun 2002, band Schwarz Stein juga berdiri dibawah naungan label musik Mana, “Midi:Nette”, namun bubar pada 2004 dan kabar terakhir Mana juga memproduseri Kanon Wakeshima yang memulai debutnya pada bulan Mei 2008 dibawah naungan Sony Defstar Records.

BEBERAPA FAKTA MENGENAI MANA :

  • Sangat jarang tersenyum, atau berbicara dihadapan public atau interview. Mana biasanya bakal membisikkan sesuatu pada member band yang lain/interpreter dalam menjawab pertanyaan interviewer, menunjukkan kartu Yes/No sebagai expresi pantonim, menatap sekilas ke kamera saat subtitle muncul. Hal ini dikarenakan menurut Mana, musik adalah “suara” nya yang berbicara mengenai jati dirinya.
  • Salah satu insiden Mana berbicara secara langsung saat interview Malice Mizer pada tahun 1996 oleh TV Shot Hotwave, saat itu secara tidak sengaja keceplosan menjawab pertanyaan dengan memperkenalkan diri dan posisinya dalam band. Setelahnya, Mana selalu menjawab pertanyaan dengan berbisik pada Gackt, sebagai interpreternya.
  • Saat interview promosi single “Gekka no Yasoukyoku” Mana yang duduk di lantai dan ditanya sang interviewer mengapa, Mana menjawab secara langsung “Because it’s cute”
  • Menyumbangkan vocalnya dalam single “Kyomu no Naka de no Yuugi” walau kedengaran “menyimpang” dan dirumorkan berbisik dalam single “Saikai no Chi to Bara” di menit 03:20
  • Dirumorkan juga sebagai member unknown Moi dix Mois “Shadow X”
  • Pertama bertemu Gackt tahun 1995 dan mereka dinner bersama tanpa banyak berbicara dan mereka merasakan keanehan pada pasangan satu sama lain
  • Mana tidak pernah tampak berpakaian secara casual, tak terlepas walau sekedar shopping di convenience store yang terdekat dari rumahnyapun, selalu tampil gothic lolita dengan make upnya yang massive itu (hahaha😀 )
  • Penggemar berat videogame terutama racing game
  • Sampai saat ini, nama asli Mana plus tahun kelahirannya masih misterius

PROFILE :

  1. Name : Mana
  2. Tempat / Tanggal Lahir : Hiroshima / 19 Maret
  3. Gol. Darah : O
  4. Aktif sejak : 1991 – present
  5. Musik genre : Gothic metal, symphonic metal, alternative metal, Visual Kei, J-Rock
  6. Instrument : Gitar, keyboard, bass dan drums
  7. Occupation : Musisi, fashion designer

OHP : HERE!

Mana bisa disebut sebagai “pelopor” Symphonic Metal music di Jepang, sekaligus trendsetter gothic lolita fashion dan desainer tenar di kalangan Jepang & Internasional. Sungguh, seorang Mana dengan sejuta keunikan dan talenta, “cantik”, dingin dan misterius, tidak hanya sekedar seorang gitaris, Mana juga sekaligus memproduseri, menulis lirik, komposer, bahkan mengatur segala tetek bengek live, mulai dari disain costum sampai penampilan, sosok yang tampaknya super perfeksionist. Walau kadang aku pribadi bertanya2 “Mengapa setiap Mana membentuk band, kebanyakan personnelnya tidak bisa bertahan lama?” namun terlepas dari itu, Mana adalah sosok senior yang banyak berperan di kancah musik J-Rock dan Visual Kei dan salah satu artist yang paling aku hormati, sepantasnya aku beri julukan “Queen of Visual darkness”, hmm… bagaimana menurut kalian, terutama para fans Visual Kei dan Mana?🙂


Responses

  1. Salah satu musisi favoritku…
    Mana is the True Musician (terlalu berlebihan mungkin) karena dia nyiptain lagu bukan untuk tujuan komersil semata…

    Thanks for Eliss-san buat ngereview Mana…
    ^^

  2. ahhh~ I miss him so much😀

  3. seep

  4. mana~~

  5. Di Jakarta ada yang jual Moi-même-Moitié nggak, tapi bukan secara online? Kalau ada, dimana ya? Doumo Arigatou🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: