Posted by: ebichuu | November 25, 2008

Kanon Wakeshima (分島 花音)

 

Nama Kanon Wakeshima (分島 花音) mulai melambung saat Mana (Moi dix Mois, ex Malice Mizer) menciptakan lagu “Still Doll” (yang liriknya ditulis oleh Kanon sendiri) yang dijadikan soundtrack anime “Vampire Knight”. Atas suksesnya single ini yang menduduki peringkat #33 Oricon Chart (prestasi luar biasa untuk pendatang baru yang merilis debut single 😎 ), Kanon juga merilis single keduanya “Suna no Oshiro” yang masih juga merupakan soundtrack “Vampire Knight” 2nd season. Kanon memiliki 2 cello, 1 ordinary yang diberi nama “Yaeharu-kun” dan cello merah yang bernama “Nanachie-chan”.

Kanon Wakeshima (20), penyanyi dan pemain cello belia yang dilahirkan dari keluarga musisi, mulai bermain cello saat mulai umur 3 tahun. Nama Kanon sendiri ditulis dalam kanji Jepang yang bermakna “Suara bunga/Sound of flowers”yang diilhami dari istilah musik “Canon”.

Saat SMP, Kanon mampu memainkan cello duo dan ketika dia berumur 15 tahun Kanon bahkan bermain baroque cello sebagai bagian dari ansambel klasik. Saat itu Kanon sudah mulai berpartisipasi dalam sejumlah konser musik klasik. Kanon yang saat itu sudah mengagumi musik J-Pop mulai menulis sejumlah lagu, dan mengkombinasikan musik cello dalam lagu2nya. Saat Kanon berusia 16 tahun, Kanon tampil public untuk pertama kali di festival sekolah SMUnya sebagai vocalist. Kanon pribadi lebih cenderung memainkan musik cello (yang terdengar lebih unik dan klasik) untuk warna background musiknya ketimbang piano, setelah berekperimentasi dalam merekam demo tapenya.

Tahun 2007, Kanon berpartisipasi dalam audisi yang digelar Sony DefSTAR Records, dan sukses memboyong gelar finalis sekaligus menandatangani kontrak dengan DefSTAR Records. Kanon yang mahir bernyanyi dan bermain cello, cantik, berkarakter klasik dan berimage gothic ini menarik perhatian Mana, yang saat ini aktif di band Moi dix Mois sekaligus gothic/Lolita fashion designer, selanjutnya Mana memproduseri single pertama Kanon, “Still Doll” yang dirilis pada 28 Mei 2008. Single ini bernuansa klasik dan gelap, “aura” Mana benar2 mewarnai sepanjang lagu ini, ditambah permainan solo cello Kanon menambah nilai plus single “Still Doll”. Vocal Kanon sendiri yang jernih dengan lekukan yang halus (memangnya penari?😛 ) sangat pas dengan musik mistik “Still Doll”, plus penampilan Kanon disini yang mirip putri bangsawan Perancis. Single ini juga sangat pas untuk soundtrack anime “Vampire Knight”. Suksesnya single ini berbutut Kanon juga membawakan single keduanya untuk ending anime yang sama (2nd season) “Suna no Oshiro”, yang baru saja dirilis 12 November ini, dan Kanon juga kebagian peran mengisi suara (dubber) gadis pelayan dalam episode 8 anime “Vampire Knight”.

Baik pencinta J-Pop atau J-Rock, aku rasa bakal menyukai Kanon yang tidak hanya muda dan cantik, namun pandai bermain cello, dan membawakan musik yang unik, gelap namun bernuansa klasik, sangat mirip dengan musik2 Malice Mizer namun tanpa nuansa rock. PV nya sendiri sangat asyik ditonton dan kalian bakal melihat sendiri Kanon beraksi dengan cello-nya.

Tidak hanya itu, Kanon juga jago melukis yang karya2nya bisa kalian lihat di OHP-nya di section “Picture Gallery”, style drawing Kanon banyak terpengaruh oleh dongeng2 sihir semacam “Alice in Wonderland” yang direfleksikan dari pengalaman pribadinya.

Berikut beberapa karya Kanon :


 

OHP : HERE!

 


Responses

  1. kagak nahan nih ama style-nya, gothic lolita😀

  2. Iya, keren! Ga nyangka juga jago gambar, bagus banget karya2nya. BTW, suka terkesan jg dgn singlenya yg “Suna no Oshiro” ga? Keren sih, walau aq masih lbh suka “Still Doll”😉

  3. wah,, keren banged ne cewek. masi muda sudah berprestasi. yakin deh, dia bakalan hebat suatu saat. usianya masih muda, jd bsa nglakuin apa aja. hehe! ganbatte kudasai, kanon wakeshima!

  4. Iya, aq jg suka. Jarang ada singer (ce) Jepang yg nyanyi sekaligus maen instrument, apalagi cello🙂

  5. Eliss-san…
    cuma mau make sure aja…
    Dia male or female???
    aku takut ketipu lagi kayak waktu ngeliat muka HIZAKI
    T_T

    Style musiknya unik dan langka di kalangan J-pop (bisa dibilang)
    Lolita bangeet!!!

  6. Hehehehe, yang ini dijamin 100% cewek non, emang dunia V-Kei Jpg susah dibedakan cowok/cewek yah… Kanon nih salah satu “anak” Mana, makannya style musiknya ada mirip2nya sama Moi atau Malice🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: