Posted by: Tokyo SeouL | October 29, 2008

L’Arc~en~CieL

Review pertama ini, Tokyo-Seoul Express akan memperkenalkan Laruku. Put all of my honour to this band.

L’Arc~en~CieL

Atau dalam bahasa jepang, ラルク アン シエル (baca: Raruku An Shieru, artinya “Pelangi” dalam bahasa Perancis) adalah band Japanese rock yang populer banget. Untuk lebih gampangnya kita sebut aja mereka Laruku, itu nickname dari L’Arc~en~CieL.

Laruku terbentuk pada tahun 1991, jadi tahun ini usianya 17 tahun. Hoho cukup awet juga tu. Band ini merupakan salah satu dari band yang paling populer dan paling berpengaruh di Jepang. Mereka dikenal dengan sound Pop/Rock tapi juga tetep bereksprerimen mulai dari tekno sampe balada yang penuh gesekan biola orchestra. Warna musik mereka beragam deh, sesuai banget sama nama band mereka yang artinya pelangi, beragam warnanya.

Angka penjualan mereka juga cukup bisa bikin mereka tajir mampus. Lebih dari 15 juta album, 30 juta single, dan jutaan lain dari perintilan macam photobook, video, merchandise udah mereka jual dan laris pula. Record ini bikin mereka terpilih masuk jajaran “Top 100 Japanese Pop Artists” majalah HMV Jepang tiap waktu. Dan gak bisa tidak, mereka juga terus menerus mendominasi Oricon chart.

Maniak Jepang di Indonesia umumnya gak ada yang gak kenal Laruku. Belum kenal dunia jejepangan kalo belum kenal Laruku. Lagu mereka juga gak pernah absen dibawain di setiap festival Jepang di Indonesia. Basis fans Laruku cukup besar di Indonesia, sayang dengan fans segitu banyak tapi Laruku tetep gak mau dateng ke Indonesia. Tapi menghargai fans di Indonesia, mereka akhirnya rilis album mereka yang berjudul KISS secara resmi di Indonesia. Fans di Indonesia menyambut dengan suka cita tentunya, jadi kan gak perlu order overseas yang mahalnya gak ketulungan ato beli bajakan yang sangat Indonesia sekali demen bajakan. Tinggal beli ke toko kaset di mall terdekat, dapet dengan harga gak nyampe 100rb buat CDnya. Puas!

Ngomongin Laruku ya harus ikutan ngomongin membernya donk. Laruku tanpa member ya bukan Laruku namanya.

TETSU (Leader & Bassis)

Nama lengkap : Ogawa Tetsuya
Tanggal Lahir : 3 Oktober 1969
Tempat Lahir : Osaka
Tinggi : 168cm

Ini dia orang dibalik kesuksesan Laruku. Kerja kerasnya yang bikin Laruku bisa sampe sebesar ini. Salut buat Tetsu deh.

Style Tetsu paling saia suka diantara member Laruku yang lain. Cowok yang bisa pake rok dan ngepink tapi tetep pantes dan malah jadi keren banget ya makhluk yang satu ini. Saia sempet ngikutin gaya Tetsu pas saia awal-awal kuliah. Sepertinya sekarang mau mulai ikutin lagi deh.

Proyek sampingan Tetsu, dia solo sebagai Tetsu69 trus juga ngeband bareng Creature Creature. Duh nama Creature Creature tu aneh banget gak sih? Sepertinya kurang paham ya kalo bentuk jamak itu cukup jadi Creatures. Plis deh masss…

HYDE (Vokal)

Namanya hyde (selalu ditulis dengan huruf h kecil). Tolong jangan sampe salah sama hide-nya X Japan ya.

Nama Lengkap : Tekarai Hideto
Tanggal Lahir : 29 Januari 1969
Tempat Lahir : Osaka
Tinggi : 158cm

Haha saia gak bisa kasih profile pasti dari bapak yang tampangnya imut ini. Masalahnya ni orang gak ekspose banyak soal info pribadinya, jadi hampir seluruh info tentang dia itu gak resmi. Bikin penasaran banget ih. Nama aslinya Takarai Hideto, itu cuma spekulasi fans. Lahir 29 Januari 1969 di Osaka, itu juga cuma kemungkinan, tetep spekulasi fans. Tapi percaya aja deh, soalnya sempet ada interview ama ortu hyde tentang nama asli dan tanggal lahir itu, menurut mereka itu bener koq.

Vokal hyde ni khas banget. Falsetto-nya itu loh, mana tahaaan. Jelas banget kalo faktor suara dan tampangnya yang kakkoi itu menjadi salah satu daya tarik dan faktor kesuksesan Laruku. Gak cuma itu, dia juga nulis lirik di hampir semua lagu Laruku. Trus jadi additional guitar pula kalo perlu. Emang talented banget si hyde ini.

Proyek sampingan hyde paling banyak diantara member yang lain. Secara makhluk langka ini emang paling menjual banget, laris pula, jadilah proyek solo dia yang paling sukses. Gak cuma laku nyanyi, dia main film juga bareng Chiaki Kuriyama (Kill Bill) dan Horoki Narimiya di judul Kagen no Tsuki. hyde as soloist udah mengeluarkan 5 album dan 7 single. Terakhir dia bikin band bernama Vamps dan baru mengeluarkan 1 single.

Banyak banget yang musti dibahas dari si bapak ini karna hyde ini menarik banget untuk dibahas. Gak cukup deh kalo cuma nimbrung di review Laruku aja. Nanti saia tulis review khusus about hyde lain waktu.

KEN (Gitaris)

Nama Lengkap : Kitamura Ken
Tanggal Lahir : 28 November 1968
Tempat Lahir : Osaka
Tinggi : 178cm

Salah satu gitaris terbaik yang dimiliki Jepang saat ini. Demi berjuang bersama Laruku, dia putusin kuliah arsitekturnya dan milih gitaran genjreng-genjren jadi anak band. Keputusan ini bikin mas Ken berantem sama ortunya. Ya iyalah ortu ngamuk, susah-susah mbiayain kuliah tapi malah stop gitu aja. Tapi untungnya sekarang sukses besar dan gak berakhir jadi pengamen jalan.

Satu-satunya artis yang boleh ngerokok di panggung cuma dia kali. Secara peraturan manggung di Jepang lumayan ketat, cukup hebat juga ni orang karna bisa dapet keistimewaan itu.

Proyek sampingan Ken, bikin band baru bernama Sons Of All Pussys (S.O.A.P.) bareng mantan member Laruku yang bernama Sakura, trus nyanyi solo juga.

YUKIHIRO (Drummer)

Nama Lengkap : Awaji Yukihiro
Tanggal Lahir : 24 November 1968
Tempat Lahir : Chiba
Tinggi : 165cm

Laruku emang gudang the best. Yukki ini termasuk drummer terbaik yang dimiliki Jepang. Gaya mainnya cepat dan dinamis, lain banget sama drummer Laruku sebelumnya.

Yukki secara gak sengaja ditemukan Tetsu pas lagi maen game di rumah temennya. Tau si Yukki jago game Evangelion, langsung aja Tetsu minta diajarin, langsung akrab deh. Trus pas butuh additional drummer buat gantiin Sakura, Yukki-lah yang dipanggil. Keterusan deh ampe jadi member resmi. Gak ada yang protes karna emang pas banget tuh kalo dia di Laruku, makin keren aja jadinya.

Yukki ni ternyata anak keluarga bangsawan. Ortu Yukki tu salah satu anggota parlemen Jepang. Gak nyangka banget anak band begitu ternyata berasal dari keluarga terpandang.

Proyek sampingan Yukki, jadi vokalis di Acid Android. Akhirnya impiannya jadi vokalis tercapai juga di proyek solo ini.

Untuk group band yang tetep eksis sperti ini, sempet bikin saia jenuh dan stop untuk ngikutin perkembangan mereka dulu. I need a break gitu loh. Tapi kemarin, setelah cukup lama vakum dari telinga saia, begitu mendengar lagu mereka lagi , sekarang saia gak bisa lepas lagi. Laruku ini emang pemusik sejati. Mereka legenda yang masih idup. Sekalipun Laruku wannabe bertebaran, macam JRock dengan Iman sang hyde wannbe, Laruku tetep yang paling oke.


Responses

  1. Yah, itung2 single “Shine” & “Nexus4” bakal jd yg terakhir menghibur fans Laruku utk sementara mengingat mereka bakal break sampai 2011, walau saat comeback ntar mereka bakal menggelar konser 20th Anniversary mereka.

  2. ah tidak! itu kan lama bangettt…
    mudah2an mereka masi ada stamina buat comeback dan gak pake acara pikun donk ya~

  3. hellows..hahaha..i knows a lot of hydes personal info..>.<
    my maly not that good,..so here it goes..
    saya tahu akn hideto ‘s peribadi..hahaha

  4. hontou ka?? tell me donk…

  5. Moshi2
    gmana crx mnjd fans rsm laruku

  6. klo gak salah lo harus punya alamat domisili jepang buat ikutan fansclubnya. soale emang buat warga yang tinggal di jepang aja.

  7. ore wa ‘eh boku wa jgg salah satu penggemarna laruku dari jaman smp kelas 2 ampe sekarang smk klass 2…. hehehehe!!!

    ga tau knapa kalw dengerin lgu laruku ‘te, boku wa jadi tambah percaya diri ajj, beda kalw boku wa dengerin lagu laen…..

    hehehehehheheehhe

  8. ktanya add single yg baru dr laruku….

    kalw g salah namanya “BYE BYE”

  9. apaan? seru,dong, gw baru dua taun jd fans laruku, n ternyata merka keren bgt!!!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: